Gurame, Usaha Yang Menguntungkan

gurame anakan
Pembibitan gurame merupakan salah satu usaha yang menguntungkan, hasilnya memang tidak dalam waktu cepat, namun dapat untuk menjadi tungguan, ini karena ikan gurame mempunyai masa pertumbuhan yang relatif lama, untuk mencapai bobot 1/2 kg membutuhkan waktu sampai 1,5 tahun. 

Bibit gurame dapat dihasilkan sendiri atau dapat dibeli dari para petani, harganya pun relatif murah, untuk yang ukuran sekorek api  hanya Rp 1000. namun jika anda ingin melakukan pembelian yang lebih murah lagi maka anda dapat membeli bibit gurame yang masih dalam bentuk telur dan kemudian ditetaskan sendiri dengan menggunakan bak. 

Lokasi Kolam Ikan Gurame dapat dilakukan dimana saja, dari ukuran kolam kecil sampai dengan ukuran kolam besar, namun tentu saja dengan ukuran volumen kolam yang kecil maka jumlah ikan yang ditebar pun terbatas, apalagi saat ukuran ikan gurame sudah mulai besar. kolam dapat dibuat dari plastik tambak, tanah dan plastik kolam biasa. 

Pengisian air

Kolam yang baru saja dibuat diisi airnya secara berkala, dan jangan langsung diisi ikan, tunggu 1-2 minggu terlebih dahulu

Bibit ikan 

Cari bibit ikan yang baik, artinya pilih ikan yang lincah dan warna sisiknya terlihat mengkilap, dan ukurannya seragam.

Makanan untuk ikan gurame

Gurame dapat diberikan makanan berupa pelet, dan dapat diselingi oleh daun-daunan seperti lompong, cente, kangkung dan beberapa jenis tumbuhan lain. jangan terlalu banyak memberikan pelet karena dapat menimbulkan penyakit pada ikan tersebut.


Nb. Jenis kolam yang baik dan cepat untuk pertumbuhan gurame adalah dikolam tanah, karena dikolam tanah lebih banyak tersedia makanan dari alam, berupa cacing dan sebagainya. 

Related Posts:

0 Response to "Gurame, Usaha Yang Menguntungkan"

Posting Komentar