Cara mendidik anak menjadi pintar dan baik


mendidik anak
Sebagai orang tua tentunya kita menginginkan anak balita kita tumbuh menjadi sosok anak kebanggaan orang tua, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. nha oleh karena itu perlu didikan yang tidak mudah. perlu tahap-tahap yang memang benar-benar harus kita lalui. dan disini peran orang tua adalah peran yang paling berkompeten didalamnya. oleh karena itu pada posting kali ini kami akan memberikan tips dan cara nya agar anak kita dapat menjadi seperti anak yang kita inginkan, yaitu sebagai sosok anak yang pintar dan cerdas.

1. Berkomunikasi
setiap anak mempunyai daya tangkap yang berbeda-beda, oleh karenanya kita perlu mengetahui sejauh mana daya tangkap anak kita, setelah kita mengetahuinya maka mulailah kita berkomunikasi dan mulai mengajarkannya dengan hal-hal yang baik, jangan selalu memvonis bahwa sebuah kesalahan itu selalu ada di anak, karena belum tentu bahwa hal tersebut adalah benar.

ajarkan anak bahasa-bahasa yang baik, hindari perkataan kotor, karena berbagai perilaku ataupun perkataan akan segera dapat ditangkap oleh anak anda.

2. ceritakan hal-hal yang inspiratif
dengan menceritakan sebuah cerita inspiratif tentu saja ini akan memberikan anak tersebut sebuah pola pikir dalam pengembangan imajinasi dan pola pikir otaknya, secara otomatis anak akan melatih otaknya, dan itu akan membuat tingkat kecerdasannya menjadi lebih bak. sebuah cerita inspiratif misalnya adalah sebuah cerita mengenai pahlawan, dengan cerita tersebut anak akan mencontoh hal-hal baik yang dilakukan oleh pahlawan.

3. menjauhkan anak dari lingkungan yang tidak baik

anak selalu menangkap dan merespon hal positip dan negatif, mereka belum dapat membedakan antara hal baik dan yang buruknya.oleh karena itu dengan menjauhkannya dari lingkungan yang negatif secara otomatis akan memberikannya sebuah pelajaran yang selalu positip.

4. Memantau tontonan anak
dizaman yang maju ini hampir semua masyarakat sudah mempunyai televisi, disana banyak acara yang berisi hal-hal yang positip dan ada pula yang sekiranya kurang baik untuk anak, oleh karena itu pantaulah selalu anak-anak dalam menonton tv. berikan tontonan bermanfaat ataupun berguna, misalnya pengetahuan, karena otak anak akan merekam tontonan tv tersebut.

5. asupan makanan yang bergizi

pilihlah makanan yang mempunyai asupan gizi yang  baik bagi anak anda. berilah makanan yang dapat membantu dalam perkembangan otak anak anda. hindari jajanan yang memang tidak bermanfaat dan dapat menimbulkan sakit karena tidak sterilnya jajanan tersebut.

6. suasana harmonis dalam keluarga

suasana harmonis dalam suatu keluarga akan dapat memberikan dorongan ataupun mental terhadap seorang anak, dengan suasana harmonis akan membuat anak tumbuh menjadi mental yang pemberani dan bertanggung jawab.

7. anak harus istirahat sesuai dengan porsinya

anak yang pintar pasti mempunyai istirahat yang cukup, karena jika tidak istirahat cukup maka anak tersebut akan kurang dapat belajar ataupun berfikir, nanti malah dampaknya seperti anak cacingan apabila istirahatnya kurang.

8. alunan musik merdu

alunan musik merdu konon menurut penelitian dapat mengembangkan daya otak seorang anak, mereka akan dapat lebih berkonsentrasi dan mempunyai ketenangan terhadap emosionalnya.

9. mengajarkannya olahraga dan sarapan setiap hari

dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, dan didalam tubuh yang sehat memerlukan asupan makanan dipagi hari, karena untuk memulai aktifitas sibuah hati.

10. beberapa tips agar anak menjadi pintar
- memberikan permainan edukatif, misalnya puzzle, hal itu berguna untuk mendidik anak dalam berfikir untuk sebuah penyelesaian.
- menemani dan mengkontrol anak ketika sedang bersosialisasi diluar.
- mengajarkan anak mengaji, tentunya menamkan ilmu agama
- selalu menjawab pertanyaan anak dan memberikan pertanyaan kepada anak.
- berikan sentuhan kasih sayang terhadap anak anda.

perilaku anak tentunya adalah cerminan dari orang tua, jadi berikanlah anak anda contoh yang baik dalam setiap perkembangan dan kesehariannya. jadi sekian saja tips dan cara mendidik anak menjadi pintar dari saya.
image source genk-remaja.blogspot.com

Related Posts:

0 Response to "Cara mendidik anak menjadi pintar dan baik"

Posting Komentar