Ciri Ciri kenari mabung dan makanan pendukungnya

Kenari mabung / molting merupakan proses yang alami dan pastinya akan dialami oleh setiap kenari. biasanya bagi para penghobi kenari pemula akan bingung ketika mempunyai masalah seperti ini. oleh karena itu kami akan memberikan ciri-ciri kenari yang mengalami masalah mabung tersebut :
1. tidak sedikit kenari yang mabung ini akan mengalami macet atau berkicaunya akan sangat jarang / jarang bunyi.
2. dapat anda amati bahwa kenari yang mabung pasti akan merontokkan atau pergantian bulu, biasanya akan rontok dan jatuh dibagian alas kandang.

Kenari mabung akan sangat memerlukan nutrisi berupa vitamin, protein yang cukup selama masa mabungnya, kurang lebih 25-30 percent dalam menyerap untuk tubuhnya, oleh karena itu anda perlu memerlukan tambahan vitamin dan nutrisi terhadap makanannya.

beberapa faktor yang mempengaruhi kenari mabung adalah :
a. dikarenakan umur, untuk tanda-tanda kenari muda biasanya akan mengalami masa mabung dengan proses yang lama. sedangkan untuk kenari tua akan mengalami proses yang cepat, hal itu karena proses mabung yang sudah berulang berkali-kali.
2. faktor cuaca dapat menjadikan kenari menjadi mabung
3. faktor musiman biasnya terjadi dalam suatu tempat, jadi misal dalam suatu peternak akan mengalami mabung terhadap semua burungnya
4. faktor hormon yang tidak stabil pada saat kenari birahi tentu saja dapat mengakibatkan kenari menjadi mabung.

pemberian makanan yang baik dengan vitamin yang tinggi pada kenari mabung dapat diberikan kuning telur, cambah, sayuran, buah apel dll, dan vitamin tambahan.

untuk masa mabung biasanya dapat berlangsung sekitar 5-8 minggu, namun dapat lebih lama.

oya pada saat kenari mabung itulah waktu paling jos yang dapat dilakukan pemasteran, karena kenari mabung akan lebih diam untuk mendengarkan.

Related Posts:

0 Response to "Ciri Ciri kenari mabung dan makanan pendukungnya"

Posting Komentar