Makanan yang diberikan Selama Kenari Mabung

kenari f1Jangan bingung jika kenari kita merontokkan bulu alias mabung, karena memang ini adalah hal yang alami, setiap burung punya masa mabung. Burung kenari yang akan mulai mabung biasanya diawali dengan mulai menurunnya aktifitasnya dalam berkicau, jika memang burung tersebut diam tidak berkicau karena akan mabung maka anda dapat melihat pada bagian dasar lantai kandang, biasanya disana akan terdapat rontokan bulu kenari tersebut.

jika kenari rontok total maka biasanya diawali dari bagian sayap kemudian diakhiri pada bagian bulu leher yang rontok, dan jika keadaan kenari seperti itu maka biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama, berkisar antara 1-2 bulan.

dalam masa mabung sebaiknya kenari diberikan makanan yang bergizi, hal ini sangat berguna untuk mempercepat pergantian bulunya tersebut. beberapa makanan yang bagus dan harus diberikan kepada burung kenari yang sedang mabung adalah : telur rebus, tulang sotong, sayuran hijau berupa sawi, dan kulit tiram.

aspek lain yang juga mempengaruhi masa mabung kenari juga dapat dilihat dari segi perawatan, misalnya saja mengenai kebersihan kandang, dan selalu kerodong sangkar kenari untuk menghindari berbagai upaya gangguan dari luar, seperti serangga, cicak dan nyamuk. 

Nb : dalam pemberian pakan diupayakan jangan berlebihan, karena anda juga harus menghindari kegemukan pada tubuh kenari.

Related Posts:

0 Response to "Makanan yang diberikan Selama Kenari Mabung "

Posting Komentar