Penyebab Skoliosis pada Seseorang

skoliosis
skoliosis
 Skoliosis merupakan salah satu bentuk tak sempurnanya suatu tulang belakang manusia kearah satu sisi, misal salah satu sisi, yaitu sisi kiri, ini dapat dikatakan sebagai kelainan, karena yang mengidap penyakit ini memang tidak banyak. Biasanya banyak penderita yang terkena skoliosis ini tidak mengetahui penyebabnya, tau-tau yang bersangkutan merasakan nyeri atau melihat antara sisi pundak kanan dan pundak kiri sudah tidak sama tingginya.

Skoliosis dapat dikatakan berbahaya ataupun tidak, tergantung dari tingkat penyakit tersebut, namun setidak parah-parahnya penderita skoliosis pastinya akan merasakan nyeri walaupun itu hanya sedikit nyeri.

menurut beberapa sumber : skoliosis dapat disebabkan oleh beberapa faktor :
1. penderita pernah cidera dan mengakibatkan infeksi pada tulang belakang
2. penyakit bawaan sejak lahir
3. diakibatkan kelainan otot
4. tidak pernah diketahui penyebabnya

bagi penderita skoliosis biasanya mempunyai beberapa gejala misalnya :
-pada saat berdiri lama sipenderita akan merasa kelelahan
-skoliosis dengan golongan berat dapat mengakibatkan gangguan pernapasan.

sedangkan cara mendiagnosa secara fisiknya dapat anda buktikan melalui : si penderita anda minta untuk membungkuk kedepan, nha nanti dari situ dapat anda lihat ketidaknormalan antara sisi kanan dan sisi kiri pada bagian punggungnya, hal tersebut dapat pula diukur oleh sebuah alat yang bernama skoliometer, atau anda dapat melakukan foto tulang biasa disebut rotgen.

Pengobatan
apabila ini terjadi pada anak, dan kondisinya tidak terlalu parah, mungkin dapat dilakukan dengan melakukan terapi ke dokter spesialistnya, biasanya pun dokter akan memberikan alat penyangga ( brace ) memperlambat ruang gerak tulang belakang, alatnya kaku, jadi membuat kita selalu berdiri tegak.
salah satu cara pengobatannya adalah dengan olahraga secara rutin, khususnya berenang.

brace skoliosis
image via ortotik-prostetik.blogspot.com

korset skoliosis
image via ortotik-prostetik.blogspot.com

Related Posts:

0 Response to "Penyebab Skoliosis pada Seseorang"

Posting Komentar