Kenari sulit mengeluarkan telur

-Kenari sulit mengeluarkan telur - .  Hari ini dapat pengalaman baru dalam beternak kenari, yaitu indukan betina kenari tidak dapat mengeluarkan telur keduanya. hal itu saya amati setelah saya melihat burung tersebut berprilaku tidak seperti biasa, yaitu bulunya mengembang dan sayap terlihat turun, lalu saya pastikan dengan memegang dan kemudian melihat bagian tempat keluar telurnya, dan ternyata setelah saya lihat disana terdapat pembengkakan pada kloaka.
setelah itu saya bingung dan kemudian browsing di internet, ternyata kasus saya yang saya alami ini ternyata banyak dialami oleh para peternak senior. dan kasus tersebut pun akrab dengan nama egg binding. 22 februari2014

beberapa pengamatan yang dialami oleh para peternak ketika burung tersebut menderita seperti ini adalah :
1. burung akan kesulitan dalam malakukan pernapasan
2. bulunya terlihat tidak seperti biasa, terlihat mengambang dan sayap terlihat turun
3. terjadinya pembekakan di kloaka burung tersebut
4. otomatis burung akan kesulitan dalam membuang kotoran, karena saluran tertutup oleh telur
5. burung terlihat sering duduk didasar kandang, termasuk burung saya
6. karena menahan sakit maka burung tersebut tidak mempunyai nafsu makan seperti biasa.

beberapa langkah yang harus dilakukan oleh para peternak yang terkena kasus ini adalah :
1. pindahkan burung ke tempat yang lebih tenang dan berikan lampu disekitar kandang, hal ini agar supaya burung mendapatkan kehangatan dan ketenangan untuk lebih fokus dalam mencoba mengeluarkan telur.
2. oleskan minyak disekitar kloaka ( ini yang saya lakukan)
3. pikat perlahan-lahan pada bagian tersebut, namun jangan terlalu keras, karena dapat mengakibatkan telur menjadi pecah, karena jika sampai telur pecah maka akan mengakibatkan persentase kehidupan yang sangat kecil pada burung tersebut.

Langkah yang ketiga sudah saya lakukan, dan mudah-mudahan kenari tersebut dapat mengeluarkan telurnya yang macet tersebut sehingga burung dapat terselamatkan..
tunggu jawabannya esuk hari :)

jawaban:alhamdulilah pada tanggal 23 februari 2014 jam 9 pagi, kenari bisa mengeluarkan telurnya :)

Related Posts:

0 Response to "Kenari sulit mengeluarkan telur"

Posting Komentar