Cara ampuh mengatasi stres selama kehamilan


cara atasi stres pada kehamilanseorang wanita hamil pasti mengalami banyak perubahan dalam dirinya, hal ini terkadang membuat mereka menjadi stres. apalagi bagi wanita yang mengalami hamil untuk pertama kalinya, sering kali mereka tidak mengerti apa yang akan terjadi, sehingga yang muncul dalam benak mereka hanyalah kecemasan, ketakutan dan stres.
setiap orang pastilah pernah mengalami yang namanya stres. stres merupakan respon fisiologis yang normal ketika tubuh bereaksi terhadap stressor (penyebab stres). dimana keadaan ini ditandai dengan perasaan gugup dan tegang.
wanta yang sedang hamil dituntut untuk memiliki kesiapan fisik dan mental dalam menghadapi kehamilannya. pada umumnya ibu hamil lebih siap menhadapi perubahan fisik ketimbang perubahan mental. hal inilah yang menjadi faktor pemicu terjadinya stres dalam kehamilan. perubahan fisik seperti berat badan yang bertambah serta perubahan bentuk tubuh yang signifikan, tidak diimbangi dengan kesiapan menghadapi perubahan secara mental yang sangat sulit ditebak dan tidak selalu sama terjadi pada setiap ibu hamil.

setiap wanita hamil berpotensi mengalami depresi sepanjang kehamilannya. banyak faktor yang memicu terjadinya stres/depresi pada wanita hamil diantaranya adalah faktor hormon, serta kurangnya dukungan dari keluarkan dan lingkungan sekitarnya.

gejala / tanda depresi selama kehamilan antara lain :
1. perasaan sedih terus menerus, rasa bersalah dan putus asa
2. kesulitan tidur/gangguan tidur
3. mudah tersinggung dan marah
4. cepat letih/lelah
5. perubahan perilaku ibu yang menjadi aneh
6. berkeinginan untuk mencelakai diri/bunuh diri

ada berbagai cara dan perawatan efektif untuk mengatasi stres/depresi selama kehamilan, antara lain :

1.luangkan waktu untuk beristirahat

ini merupakan cara yang paling mudah serta dapat dilakukan ibu hamil sewaktu-waktu. luangkanlah waktu sejenak untuk tidur atau istirahat, buat tubuh menjadi rileks dan lupakan sejenak urusan/pekerjaaan sehari-hari dan ketika bangun ibu hamil akan merasa lebih segar dan fit kembali.

2. lakukan latihan yoga/senam hamil

ambillah kelas prenatal yoga/senam hamil yang anda sukai. karena latihan ini sangat baik dan berguna untuk mengurangi tingkat stres selama kehamilan. dengan melakukan latihan yoga/senam hamil badan menjadi lebih sehat dan tidak gampang sakit serta merupakan cara yang tepat guna mempersiapkan persalinan normal.

3. mengungkapkan perasaan

biasakan untuk mengungkapkan segala yang anda rasakan pada suami, keluarga, tenaga kesehatan atau orang terdekat. hal ini sangat berpengaruhi pada psikologis anda. dengan mengungkapkan isi hati ibu hamil pasti akan lebih tenang dan bahagia serta dapat menyelesaikan masalah dengan mudah. hal lain yang dapat dilakukan untuk mengungkapkan perasaan adalah dengan menulis sebuah diari atau buku harian.

4. relaksasi

dengan melakukan relaksasi terbukti ampuh mengtasi stres selama kehamilan. banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan sensasi relaksasi, diantaranya adalah :
a. atur posisi santai dengan duduk atau berbaring sambil diiringi musik yang lembut
b. mengunjungi spa bersama teman dekat dan dapatkan pelayanan yang menyenangkan
c. luangkan waktu sejenak untuk melekukan hal/sesuatu yang benar-benar anda sukai
d. hindari situasi/orang-orang yang membuat anda merasa stres

5. olahraga

latihan fisik seraca ringan selama kehamilan dapat membuat badan menjadi sehat dan jiwa yang kuat. alternatif olahraga yang dapat anda lalukan adalah berenang, dimana sensasi air dapat membuat ibu hamil menjadi lebih nyaman dan tenang. yang perlu diingat adalah minumlah air putih yang cukup selama ibu hamil melakukan latihan olahraga. hal ini untuk mengurangi terjadinya dehidrasi.

berbagai cara dapat dilakukan ibu hamil untuk mengurangi tingkat stres selama kehamilan. yang terpenting adalah selalu berfikir positif dan melakukan hal-hal yang bersifat positif. dan jadilah ibu yang cerdas dan menjadi inspirasi bagi semua wanita dan calon ibu di dunia.

Related Posts:

0 Response to "Cara ampuh mengatasi stres selama kehamilan"

Posting Komentar