Tips tidur sehat dan berkualitas

Tidur merupakan kebutuhan dasar bagi setiap manusia. kualitas tidur yang baik serta tidur yang teratur sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita. sayangnya banyak orang yang kurang tahu serta tidak memahami akan pentingnya hal tersebut. kurang tidur serta pola hidup yang kurang sehat dapat berakibat buruk bagi kesehatan kita. oleh karena itu tidur yang teratur serta cukup sangatlah penting, maka akan kami ulas tentang cara tidur yang sehat dan berkualitas guna menjadikan anda manusia yang sehat, bugar dan cerdas.
tips tidur sehat dan berkualitas
Berikut adalah tips tidur sehat dan berkualitas :
1. Buatlah jadwal untuk mengatur tidur anda
Dengan pembuatan jadwal tidur  maka  anda telah membuat rutinitas waktu tidur yang teratur. usahakan untuk tidur dan bangun diwaktu yang telah anda tentukan.

2. ciptakan lingkungan yang tenang
Lingkungan sangat berpengaruh pada kualitas tidur anda. lingkungan yang tenang dan nyaman akan membuat anda semakin mudah untuk tertidur dengan pulas. mematikan lampu sebelum tidur bisa menjadi alternatif pilihan anda, karena dengan suasana yang redup biasanya seseorang akan tertidur lebih nyenyak.

3. hindari minuman beralkohol serta kafein
Minuman yang beralkohol justru akan membuat anda menjadi susah tidur karena kandungan alkohol di dalamnya. usahakan untuk tidak mengkonsumsi kafein 5-6 jam sebelum tidur karena kafein menyebabkan gangguan tidur dan dapat membuat anda terjaga selama 10-12 jam.

4. usahakan tidur beberapa jam setelah makan malam
Sebelum tidur sebaiknya tidak makan terlalu kenyang atau justru perut kosong. usahakan anda mengkonsumsi makanan yang ringan dan mudah dicerna yang sesuai dengan porsinya. makan malam sebaiknya dilakukan 2-3 jam sebelum waktu tidur. hal ini akan membantu anda mudah untuk tertidur dengan pulas.

5. lakukan beberapa olahraga ringan sebelum tidur
Jenis olahraga yang dapat anda lakukan sebelum tidur misalnya latihan pernafasan atau yoga. latihan ini membantu melemaskan otot-otot tubuh serta merilekskan pikiran. maka andapun dapat tidur dengan sehat dan berkualitas.

6. tidurlah dengan posisi yang tepat dan nyaman
Salah satu posisi tidur yang baik untuk kesehatan adalah tidur dalam posisi miring serta telentang. cobalah untuk tidur dalam posisi tersebut dan dapatkan kenyamanan tidur anda.

7. matikan ponsel atau handphone sebelum anda tidur
Pastikan untuk mematikan ponsel atau handphone sebelum anda tidur, karena hal ini sangat berpengaruh pada kualitas tidur anda. usahakan untuk tidak melakukan aktifitas sms atau menelepon sebelum tidur, sebab dapat mengganggu ketenangan dan konsentrasi saat akan tidur.

Demikianlah 7 tips tidur sehat dan berkualitas. semoga wacana ini dapat berguna bagi para pembaca sekalian.

Related Posts:

0 Response to "Tips tidur sehat dan berkualitas"

Posting Komentar