Pemilihan kenari jantan dan betina untuk indukan secara umum

Banyak orang bingung dalam memilih kenari pejantan yang baik untuk diternak. oleh karena itu saya akan memberikan beberapa tips dalam pemilihan pejantan kenari untuk anda yang sedang belajar beternak.
 kenari jantan dan betina

1. pilihlah kenari jantan yang memiliki suara atau volume yang keras, hal ini diharapkan supaya keturunan kenari hasil ternakan juga mempunyai volume seperti pejantannya.
2. ukuran body yang proporsional, usahakan kenari jantan mempunyai body yang lumayan besar, karena berpengaruh terhadap gen anakan. dengan kenari ukuran yang besar juga otomatis akan mempengaruhi harga jual kenari menjadi lebih tinggi.
3. pemilihan warna kenari juga menjadi salah satu prioritas penting, pilih kenari jantan yang mempunyai warna menarik atau yang banyak disukai oleh para penghobi burung, sedangkan beberapa warna yang disukai oleh para hobies burung adalah kuning dan orange.

Sedangkan untuk pemilihan kenari betina untuk indukan yaitu : usahakan untuk memilih kenari betina yang ngerol, karena biasanya gen betina juga berpengaruh besar terhadap anak, jadi ketika indukan betina dan jantan mempunyai volume suara yang keras maka akan menghasilkan anakan atau keturunan yang tidak jauh dari pasangan indukan tersebut. 

menurut beberapa sumber yang saya dapatkan dari beberapa peternak, kenari jantan dengan tubuh lebih besar dari kenari betina akan menghasilkan kenari dengan ukuran postur tubuh yang mengikuti pejantannya.

Nb : tidak semua kenari jantan dapat membuahi kenari betina, ada juga beberapa kenari jantan yang mandul ( seperti yang saya alami ). untuk mengetahui jantan yang bisa ngisi atau bisa membuahi tersebut maka memang harus dites secara langsung dengan cara mengawinkan kenari sampai dengan proses telur dan pengeraman dan tentu saja sampai dengan masa menetasnya kenari, jika tidak menetas maka coba ganti kenari betinanya, kemudian kawinkan lagi dengan kenari jantan yang pertama, apabila hasilnya tetap tidak menetas maka dapat dipastikan kenari jantan tersebut mandul.

Related Posts:

0 Response to "Pemilihan kenari jantan dan betina untuk indukan secara umum"

Posting Komentar