Kenari dan perawatan umumnya


Merawat kenari tentunya merupakan satu hal yang susah-susah gampang, gampangnya burung ini tidak terlalu ribet seperti memelihara murai ataupun kacer, perawatannya yang relatif murah dan hanya ditambah dengan beberapa menu lain seperti sayuran: gambas, sawi dan bisa juga ditambah telur puyuh yang sudah direbus.



kenari mempunyai harga yang bervariasi, hal-hal tersebut bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor :
1. Jenis kenari : jenis kenari dapat dibedakan menjadi beberapa, misalnya saja : kenari lokal, af, f1, f2, f3 yokser dan beberapa nama kenari lain.
2. Trah kenari : peranakan kenari dari pejantan juara
3. kualitas kenari : walaupun bukan dari peranakan kenari juara namun jika kenari tersebut mempunyai mental dan suara yang keras tentunya akan sangat mendongkrak harga kenari tersebut menjadi tinggi.

perawatan umum pada kenari biasanya sederhana, cukup jemur 15 menit lalu kemudian di mandikan dan jemur lagi kurang lebih 30-45 menit, tentunya menyesuaikan dengan panas saat anda menjemur. setelah itu berikanlah sayuran sesuai artikel bagian atas, dan pada malam hari jangan lupa untuk mengkrodong burung tersebut, karena kerodong berfungsi untuk menghindari dari para nyamuk.

jika sudah umur ataupun jika kenari tersebut stress biasanya kenari tersebut akan mabung, nha untuk ciri-ciri mabung adalah burung kenari akan macet atau malas untuk berkicau. nha pada waktu masa-masa mabung tentunya pemilik harus ekstra hati-hati dalam melakukan perawatan, waktu mabung ini juga cocok digunakan untuk memaster kenari tersebut dengan beberapa isian burung lain, misalnya burung gereja atau blacksroot, sanger.

sedangkan untuk beberapa perawatan burung yang mabung adalah :

1. dengan mengkrodong burung tersebut, karena dengan mengkerodong burung dapat membuatnya lebih tenang, karena kenari mabung akan dapat lebih berkonsentrasi untuk menyelesaikan masa mabungnya. pilih tempat yang nyaman dan aman.
2. porsi makanan seperti sayuran dan buah-buahan tentunya menjadi salah satu inti, karena saat mabung kenari butuh protein dan vitamin, sesekali diberikan telur puyuh.
3. porsi mandi sebaiknya dikurangi, selain itu waktu penjemuran juga relatif lebih singkat, dan menginginkan situasi atau suasana yang begitu lembab. 

picture via duniakicau.wordpress.com

Related Posts:

0 Response to "Kenari dan perawatan umumnya"

Posting Komentar