Perawatan burung prenjak Bakalan

Prenjak adalah sebuah burung kecil yang mempunyai suara merdu, ukuran dari burung ini juga hampir sama dengan burung ciblek. ada beberapa orang yang menyebut bahwa burung burung prenjak adalah burung pembawa tamu, seringkali apabila kita mendengar suara prenjak yang datang didekat rumah dapat diartikan bahwa rumah tersebut akan kedatangan tamu.
namun dibalik misteriusnya burung ini ternyata burung ini dapat menjadi isian oleh berbagai burung lain.


Namun dalam segi perawatan ternyata burung ini lebih sulit, karena burung ini lebih akrab dikenal sebagai burung yang sulit untuk beradaptasi dengan lingkungannya, jadi ketika burung ini baru ditangkap cenderung burung tersebut akan lebih cepat untuk mati karena burung tersebut tidak mau makan.

oleh karena itu perlu tip-tips khusus yang perlu dipersiapkan ketika anda akan merawat prenjak bakalan,
1. jika prenjak bakalan tersebut anda dapatkan dari pasar burung maka sebaiknya langsung masukkan kandang terlebih dahulu, agar burung tersebut mulai beradaptasi, biarkan beradaptasi antara 3-7 hari. setelah itu burung tersebut baru dimandikan.
2. berikan makanan kroto dengan takaran yang tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit. selain itu sediakan voor secukupnya sebagai makanan pokok dari burung tersebut
3. beri makanan untuk extra foding berupa jangkrik sebanyak dua ekor.
4. ketika akan memandikan burung tersebut, maka sebaiknya persiapkan cepuk untuk mandi. dan rutinlah mengganti air cepuk tersebut agar kebersihannya lebih terjaga.
picture by : http://manuk.info

Related Posts:

0 Response to "Perawatan burung prenjak Bakalan"

Posting Komentar