Merawat Kenari untuk Ikut Kontes Burung

bagi sebagian orang ada yang merawat burung hanya untuk sebagai hobi biasa atau ada yang untuk menambah penghasilan melalui usaha ternak, namun ada juga sebagian orang yang menambahkan penghasilan dengan mengikuti lomba, tentunya jika burung rawatan tersebut menang, namun ada juga sebagian orang yang mengikuti lomba hanya sebagai hobi ataupun kesenangan, tentunya jika burung tersebut menang maka itu akan menjadi salah satu hal yang luar biasa menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.
oleh karena itu pada kesempatan posting kali ini kami akan memberikan salah satu tips guna untuk mempersiapkan burung kenari andalan anda untuk menang dalam suatu kontes atau memiliki kualitas yang baik ketika lomba tersebut.

ketika seseorang mengikuti lomba tentunya segala seseatu harus lebih dulu dipersiapkan, mulai dari mengamati karakter burung baik itu mental dan cara berkicaunya, namun itu dapat dirubahnya dengan cara melatihnya secara berkelanjutan, selain itu kualitas pakan juga menjadi salah satu faktor penting.

1. melatih mental kenari
a. pada umuran kenari yang muda tentu saja kenari tersebut biasanya memiliki mental yang masih kurang bagus alias kurang mapan, oleh sebab kita harus lebih sering menempelkan burung kenari tersebut dengan burung kenari yang sudah mapan, dengan harapan agar kenari muda tersebut akan mengikuti pola atau cara main kenari mapan tersebut dalam aspek suara atau gaya
b. jangan monoton untuk menggantungkan burung di satu titik tempat, usahakan gantang burung dilokasi yang berbeda-beda, mengapa hal ini perlu dilakukan, karena dengan menggantangkan kenari muda ke tempat-tempat yang berbeda-beda tentunya akan membuatnya lebih terbiasa dengan lingkungan yang baru, jadi ketika memasuki gantangan lomba maka tidak membuat burung tersebut kaget ketika ditempatkan dilokasi pinggir ataupun tengah.
c.mengajak burung ke lokasi latihan bersama, walaupun burung tidak ikut lomba tapi ini merupakan salah satu latihan ataupun tips yang jitu, karena ini akan membuatnya terbiasa dengan sebuah lokasi yang baru.
d. burung dalam kondisi fit
berikan pakan berkualitas

2. Membuat kenari memiliki suara panjang


cara membuat kenari mempunyai suara yang panjang salah satu caranya adalah dengan memindahkan kenari tersebut ke suatu kandang umbaran, karena disana kenari akan bergerak bebas dan berjemur dibawah terik sinar matahari, kenari diumbar kurang lebih 90 menit dan kemudian ditaruh kembali ke kandang semua, setelah pengumbaran maka anda dapat menambahkan vitamin ke dalam minumannya.

3. Membatasi burung kenari untuk berkicau

kira-kira 3 hari sebelum lomba sebaiknya kenari diusahakan untuk tidak sering-sering berkicau, karena ini dapat membuatnya kehabisan tenaga, caranya adalah dengan mengkrodong kenari tersebut setelah dijemur, maksudnya setelah madi kemudian dijemur selama 40 menit maka kenari sebaiknya diangin-anginkan ditempat teduh kemudian baru dikerodong, hal ini untu mengantisipasi kenari untuk berteriak lantang.

4. menjaga kenari supaya tidak over birahi

caranya adalah dengan meningkatkan frekuensi mandi, mengurangi lama jemur, tidak memberikan ef yang terlalu berlebihan, memberikan mentimun.

Related Posts:

0 Response to "Merawat Kenari untuk Ikut Kontes Burung"

Posting Komentar