Perawatan Untuk Cendet Bakalan yang baru dibeli

Cendet, burung asli indonesia yang punya suara bervariasi, karena termasuk salah satu burung yang pintar menirukan jenis suara lain membuat burung ini semakin digemari oleh berbagai kalangan masyarakat, sehingganya burung ini menjadi salah satu favorit kicau mania.

burung cendet menjadi salah satu burung kontes yang banyak dibanjiri oleh para peserta, biasanya peserta memelihara burung ini dari kecil/anakan/bakalan. namun ketika burung ini ternyata mudah stress, jadi ketika anda baru membelinya dan kemudian membawanya kerumah, tidak sedikit burung ini yang stress, burung menjadi jarang bunyi, nha perubahan karakter dan sifat burung yang semula gacor ini dikarenakan oleh salah satu faktor yang dinamakan stress lingkungan, so ini membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengembalikan kondisi tersebut menjadi normal, sampai burung tersebut dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

sedangkan beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk menjaga karakter dan mental burung yang baru saja kita beli agar tidak berubah adalah : sebelum anda akan membeli cendet dipasar atau dimanapun sebaiknya anda menyiapkan kandang baru terlebih dahulu, cuci kandang hingga bersih, semprotkan larutan untuk membasmi bakteri atau virus pada sangkar tersebut, jangan lupa berikan tangkringan yang nyaman pada kandang cendet, karena tangkringan merupakan salah satu kenyamanan suatu burung. nha setelah itu anda dapat hunting kepasar atau kekios burung.

setelah burung tiba dirumah lalu masukkan burung cendet ke kandang yang sudah anda persiapkan, lalu siapkan jangkring di cepuk yang telah anda persiapkan, jangan langsung memberikan  jangkring dengan tangan anda. setelah itu gantang burung ke tempat yang sejuk, dapat dikerodong ataupun tidak.

setelah itu pada hari ketiga lakukan terapi mandi malam, hal tersebut dapat mempercepat burung cendet untuk berbunyi. setelah itu cek burung sampai dengan satu minggu, dapat anda perhatikan adalah: ketika burung sudah nangkring ditangkringan maka berarti burung tersebut sudah dapat dikatakan nyaman dengan tangkringan yang anda berikan pada sangkar tersebut.


salah satu hal yang dapat memberikan burung cendet menjadi cepat berbunyi adalah dengan memberikan pakan berupa voer dengan kandungan protein yang tinggi, sebagai tambahan berikan juga tahu, itu diberikan ketika atau pada saat burung sedang diembunkan, ketika burung sudah selesai dalam penjemuran maka gantilah pakan dengan voer biasa.

untuk durasi penjemuran sebaiknya waktu penjemuran tidak lebih dari 2 jam. berikan juga pakan tambahan berupa : ulat hongkong, kroto, jangkrik setiap hari.


setelah burung tersebut dapat beradaptasi maka jangan lupa untuk mulai melakukan perawatan harian yang konsisten, cari karakter burung tersebut, hal ini karena setiap burung cendet mempunyai karakter yang berbeda beda. jika anda membelinya dari kawan anda makan sebaiknya tanyakanlah pola setelan burung tersebut.

Related Posts:

0 Response to "Perawatan Untuk Cendet Bakalan yang baru dibeli"

Posting Komentar