Membedakan Branjangan Jantan Dan Betina

burung branjangan
 Setelah lama namanya terlihat vakum, kali ini burung branjangan menjadi salah satu burung favorit yang disukai oleh kicau mania, dan ini entah dikarenakan penyebabnya apa.

burung cililin merupakan salah satu burung alam yang dikenal sebagai burung yang pintar untuk menirukan suara dari beberapa burung lain, namun ketika dialamnya burung ini sebenarnya hanya mempunyai beberapa khas suara, hanya 3 macam suara.

burung kecil dengan keistimewaan yang tidak pernah dapat ditiru oleh burung lain yang terdapat dari burung ini adalah kebiasannya dalam melantunkan lagu sambil naik turun dengan mengepakkan sayapnya.

Makanan

Untuk makanan utama dari burung satu ini adalah biji bijian, serangga kecil yang liar, bahan pokok seperti padi, dan dedaunan muda.

Asal

burung ini merupakan salah satu burung yang dulu banyak ditemukan di daerah sumatera dan Nusa Tenggara, untuk saat ini sepertinya burung branjangan yang terfavorit adalah berasal dari daerah sumatera, khususnya Lampung.

Membedakan Kelamin


jika burung tersebut adalah jantan maka warna dari bulu nya cenderung memiliki warna coklat yang tajam dan bulunya akan terlihat lebih tebal, pada bagian paruhnya mempunyai warna hitam yang lebih mengkilat. dan dapat anda ketahui lagi jika burung branjangan bertemu dengan burung sejenisnya maka jambul dibagian kepalanya akan lebih pajang dan gagah.

sedangkan untuk ciri ciri branjangan betina memiliki warna yang lebih kusam, namun jangan salah jika memang branjangan betina memiliki jambul, biasanya hal tersebut membuat seseorang menjadi terkecoh, yang harus anda lihat adalah bahwa burung branjangan betina mempunyai jambul yang lebih pendek ketimbang burung branjangan jantan. dan jika didengar dari suaranya maka burung branjangan betina mempunyai suara yang terputus putus, namun untuk volumenya adalah sama kerasnya dengan branjangan jantan.
pada branjangan betina jika dilihat dari paruhnya mempunyai warna gelap atau coklat pada bagian bawah paruh. jika jantan pada bagian bawahnya terlihat putih.

KANDANG
branjangan biasa kita lihat dipelihara pada kandang bulat dengan diameter 25-30cm, mengenai ketinggian kandang pada umumnya adalah 65-102cm, dan pada bagian tangkringannya biasanya terbuat dari batu apung atau sejenisnya, dapat berupa tanah kering yang sudah diayak.

Related Posts:

0 Response to "Membedakan Branjangan Jantan Dan Betina"

Posting Komentar