Benjolan pada kenari - Kista Bulu


Dalam pemeliharaan kenari tentunya kita akan mempunyai berbagai masalah baik itu mengenai kesehatan fisik ataupun lainnya. seperti yang pernah saya alami yaitu salah satu penyakit kenari pejantan yang tiba-tiba tumbuh sebuah benjolan yang terletak pada bagian duburnya, saat itu saya bingung harus berbuat apa, namun setelah saya browsing digoogle kemudian saya menemukan salah satu cara pengobatannya.
benjolan pada kenari tersebut biasa disebut kista bulu, bentuknya lebih cenderung berbentuk oval atau bisa juga memanjang.

benjolan tersebut muncul ketika bulu-bulu burung mulai akan tumbuh, benjolan tersebut semakin lama dapat semakin membesar dan tentunya dapat membahayakan jiwa burung, karena burung lambat laun tidak doyan makan.

kista pada burung biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor, beberapa diantaranya adalah :
1. Kurang vitamin atau gizi, maka berilah burung anda gizi yang cukup berupa sayur, telur puyuh dan beberapa ekstra foding lain
2. kista tersebut dapat diakibatkan oleh infeksi yang dikarenakan jamur dll
3. burung pernah mengalami benturan pada bagian yang sakit tersebut, misalnya benturan pada saat kandang jatuh. 
4. keturunan dari indukannya


beberapa tips peyembuhan yang saya lakukan adalah, yaitu dengan :
1. teknik pencukilan 
jika benjolan masih baru maka benjolan tersebut pasti dapat dicukil dengan mudah, sehingga sangat mudah terlepas dari kulitnya, lalu cungkil kista tersebut. dan setelah itu berikan obat merah untuk mengurangi laju pendarahannya.
2. tehnik pembedahan
untuk tehnik yang satu ini tentu saja dilakukan apabila kenari sudah dalam kondisi yang lebih parah dari pada tehnik pencukilan, yaitu dengan melakukan pembedahan dengan cara menyayat seperti huruf x atau memanjang. namun sebelum anda melakukan pembedahan maka lebih baik anda mempersiapkan berbagai macam peralatannya terlebih dahulu, misalnya silet, obat merah dan penjepit.
langkah-langkahnya, lakukan atau iris kulit yang benjol tepat pada bagian atasnya, cari bagian yang paling kering disekitar tersebut. setelah itu anda dapat menekan keluar benjolan tersebut hingga kista bulu dapat keluar, setelah itu usahakan mencabut kista tersebut dengan pinset atau penjepit, hal tersebut karena ukuran kista yang kecil. setelah selesai maka berilah obat merah atau betadine

sekian tips dan pengalaman kami.


Related Posts:

0 Response to "Benjolan pada kenari - Kista Bulu"

Posting Komentar