Persiapan Wawancara atau Interview Lamaran Kerja 2014


 Wawancara kerja merupakan salah satu tahapan penting ketika anda melakukan tes di suatu perusahaan, disaat tes wawancara itu anda dianggap sebagai salah satu pelamar yang mempunyai klasifikasi yang sesuai untuk bekerja disana, upss tapi tunggu dulu, karena anda belum selesai, karena tes wawancara atau interview ini biasanya merupakan tes yang benar-benar sulit, apalagi bagi para pelamar yang baru melakukannya secara perdana.

wawancara biasanya dilakukan pada saat pertama kali tes diperusahaan tertentu, namun ada juga wawancara yang dilakukan diakhir tes. maka jika anda diberi kesempatan untuk mengikuti wawancara kerja maka sebaiknya gunakan kesempatan tersebut sebaik mungkin dengan mempersiapkan diri anda terlebih dahulu.

TIPS SUKSES WAWANCARA / INTERVIEW KERJA
1. malam sebelum wawancara sebaiknya istirahat yang cukup untuk keesokan harinya.
2. karena anda akan menghadapi seseorang yang dipercaya perusahaan untuk memilih karyawan, atau lebih disebut dengan bagian personalia atau HRD, maka sebaiknya anda mempersiapkan diri anda dengan memberikan penampilan terbaik anda. buatlah penampilan anda serapi mungkin (pakaian formal, celana kain hitam dan kemeja yang dimasukkan), berikan kesan awal melalui penampilan yang bisa membuat tim personalia menjadi terkesan oleh anda, jangan lupa gunakan minyak wangi yang aromanya tidak terlalu menyengat, selain itu gunakan minyak rambut agar rambut anda tertata rapi
3. 1 hari sebelum tes dimulai sebaiknya anda mengetahui lokasi tes, agar tidak terburu-buru. dan datanglah lebih awal sebelum tes dimulai.
4. mempesiapkan materi yang harus dipelajari mengenai perusahaan yang anda lamar, misalnya : jika anda mendaftar di FIFGROUP maka anda harus memperlajari mengenai perusahaan tersebut dan mengetahui Job desk atau tugas-tugas mengenai jurusan atau jenis pekerjaan yang anda lamar.
5. jika anda sudah dipanggil keruang wawancara maka ketika anda menemui Tim personalia maka sebaiknya anda melakukan jabat tangan dan menyapanya dengan ucapan misalnya selamat siang.
6. setelah dipersiapkan duduk maka sebaiknya anda duduk dengan posisi yang anda anggap nyaman, sopan. sehingga ketika anda melakukan interview tidak terlihat canggung
7. gunakan sedikit bahasa tangan, sorot mata yang bagus dan juga sedikit senyum, jawablah pertanyaan dengan serius dan seenjoy mungkin, dan jangan terlihat kaku.
8. setelah interview selesai maka ucapkan kata terimakasih kepada tim personalia karena telah diberikan kesempatan untuk interview.

biasanya yang ditanyakan oleh tim personalia adalah mengenai perusahaan dan jenis pekerjaan yang anda lamar, biasanya lanjut kepada tugas dan tanggung jawabnya, selain itu terkadang mereka juga menanyakan pengalaman kerja, kepribadian anda.

Jika persiapan tersebut telah anda lakukan maka insyallah anda akan siap dan merasa tidak gugup, oya untuk melatih diri anda dalam percakapan maka anda dapat melatihnya didepan kaca, anda dapat memperhatikan gerak tangan, mata anda.
baca juga tips melamar pekerjaan 

Related Posts:

0 Response to "Persiapan Wawancara atau Interview Lamaran Kerja 2014"

Posting Komentar