Anakan Kenari Piyikan Mati

Sudah beberapa hari ga posting, ternyata dapet pengalaman lama yang baru-baru ini terjadi, dan kebetulan juga belum pernah saya tulis disini. yuk lanjut aja.
Beberapa hari yang lalu anakan kenari saya menetas 4, namun pada hari ke 5, indukan kenari tidak mau meloloh anaknya, perlahan-lahan anakan kenari tersebut pun mati, sungguh sangat saya sayangkan, pada hari kelima anakan kenari tersebut mati 2 ekor, pada hari keenamnya mati lagi 2 ekor. dari 2 kejadian diatas saya lihat penyebabnya adalah sama, yaitu indukan tidak mau meloloh anakan kenari, padahal beberapa menu makanan sudah tersedia disana, beberapa makanan tersebut adalah berupa sayuran, telur puyuh, asinan, dan biji-bijian.
anakan kenari
saya pun kemudian browsing kesana kemari mencoba memecahkan teka-teki beternak kenari tersebut, dan sayapun menemukan beberapa faktor yang dapat menyebabkan kenari anakan mati tersebut :
1. Lokasi tempat atau sarang yang jorok
2. Ukuran sarang terlalu kecil, membuat kenari berdesak-desakan.
3. makanan kurang cocok atau tidak selera
    untuk menu makanan ini lebih baik anda mengganti menu telur puyuhnya setengah hari sekali.karena dikhawatirkannya telur tersebut sudah mengeluarkan bau yang tidak sedap.
4. indukan yang terlalu hiper protektif, hal ini dikarenakan indukan yang melindungi anaknya  mengerami anaknya selalu, sehingga membuat indukan lupa untuk mengambil asupan makanan yang telah disediakan untuk anaknya.
5. anakan terinjak kaki indukan.
6. ada juga kenari yang tidak mau meloloh anaknya ketika pejantannya kita angkat atau kita pisah.
7. perubahan iklim yang berlebihan.
8. ada beberapa ancaman binatang lain, seperti cecak, tikus, semut dll, untuk masalah seperti ini lebih baik di tanggulangi secepetnya, karena jika ada binatang pengganggu mengakibatkan kenari bisa stres dan malas untuk bertelur.

mungkin sebagai penyelesaiannya adalah :
1. memberikan ukuran sarang yang lumayan besar, sesuaikan dengan berapa jumlah anakan kenari yang menetas
2. bersiihkan kandang secara rutin
3. jagalah kebersihan kandang kenari anda

Related Posts:

0 Response to "Anakan Kenari Piyikan Mati "

Posting Komentar